Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah tulisan Hollywood di sebuah bukit di Los Angeles

Tulisan HOLLYWOOD yang terpampang di sebuah bukit di Los Angeles, Amerika Serikat adalah sebuah tulisan yang menjadi simbol dunia hiburan Amerika yang mendunia. Tanda tersebut dibangun pada tahun 1929, dengan kayu yang sebelumnya bernama 'Hollywoodland". Namun pada tahun 1949, tulisan tersebut dirubah menjadi HOLLYWOOD yang membawa pesan bahwa tempat ini memiliki keajaiban dan imajinasi. Kini Hollywood menjadi simbol dan kiblatnya dunia industri hiburan seluruh dunia yang dianggap telah mewakili dunia entertainment.


Sejarah tanda ini juga menarik. Tanda ini dibuat pada tahun 1923 untuk mempromosikan real estate di Santa Monica Mountains. Huruf-huruf ini memiliki tinggi 45 meter dan diterangi oleh 4000 bola lampu.

Tanda Hollywoodland bersinar di malam hari dan tampak luar biasa. Tanah itu kemudian diberikan kepada Hollywood Chamber of Commerce pada tahun 1949. 

Pada saat itulah mereka memutuskan untuk membuang kata "LAND" dan digunakan HOLLYWOOD untuk mempromosikan industri film. Pada tahun 1978, tanda ini dibangun kembali dengan menggunakan baja keras yang mengkilap.
Hugh Hefner (Playboy) memainkan peran penting dalam pembangunan kembali tanda ini. Dia yang membantu mencarikan penyandang dana bagi pemeliharaan sign ini, dan ada 9 orang yang memberikan dana terbesar. Dan masing-masing dari orang ini memiliki surat kepemilikan atas setiap huruf dari kata HOLYWOOD, orang-orang itu adalah:

H Terrence Donnelly, publisher
O Giovvani Mazza, producer
L Les Kelley, originator
L Gene Autry, singer
Y Hugh Hefner, founder
W Andy Williams, singer
O Warner Bros, records
O Alice Cooper, singer
D Thomas Pooley