Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Polisi Arab sandarkan kaki di Kabah tuai kecaman

Seorang polisi Arab Saudi yang terlihat sedang menyenderkan kakinya pada dinding Kabah menuai kecaman dan kemarahan dari pengguna media sosial di Arab Saudi. Tingkah konyol polisi tersebut terekam dalam sebuah foto yang beredar di internet. 

Polisi kabah
Polisi Saudi sandarkan kaki di dinding Kabah. ©Al Arabiya

Menanggapi masalah tersebut, Gubernur Makkah Pangeran Mishal Bin Abdullah Bin Abdul Aziz segera memerintahkan penyelidikan atas kejadian tersebut. Dia mengaku bahwa kelakuan semacam itu tidak bisa dimaafkan, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, pada hari Rabu (28/5). 

Mishal juga menyerukan pemberian sanksi kedisiplinan pada polisi tersebut karean telah menodai tempat suci umat Islam di seluruh dunia. 

Sorotan pun datang dari surat-surat kabar di Saudi yang melaporkan kejadian tersebut, serta munculnya beragam reaksi atas beredarnya foto polisi yang sedang menyenderkan kakinya di dinding Kabah itu. 

Para pengguna internet di kawasan Arab menyebut oknum polisi itu tidak menghormati tempat suci, karena dalam kebudayaan Arab, menyentuh seseorang atau sesuatu yang dianggap suci dengan menggunakan sepatu atau kaki merupakan perbuatan yang dianggap sangat tidak sopan.