Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ratu Balqis, sosok ratu tercantik yang rendah hati dan bijaksana

Ratu Balqis (Bilqis) adalah seorang wanita penguasa negeri Saba yang selain terkenal dengan kecantikannya juga memiliki sifat yang benar-benar sempurna sebagai seorang ratu. Berparas menawan dan jauh dari sifat-sifat tercela membuatnya sangat dihormati terutama sebagai istri dari Nabi Sulaiman as. 

Ratu Balqis



Bukan tanpa alasan mengapa Ratu Balqis harus menyandang gelar sebagai sosok ratu paling cantik mengalahkan Cleopatra ataupun Wu Zetian si pemikat. Menurut cerita yang telah ada sejak ribuan tahun, secara fisik penampilan penguasa negeri Saba itu memang luar biasa. Beliau digambarkan sangat jelita dengan kulitnya yang bersinar. Parasnya yang ayu dan teduh akan membuat semua lelaki takluk dengan cara yang santun. 

Salah satu bukti kalau Ratu Balqis memiliki paras yang cantik adalah ketika beliau memutuskan untuk mengunjungi Nabi Sulaiman as.  Ketika memasuki wilayah kerajaan, semua rakyat Nabi Sulaiman memandanginya dengan penuh takjub dan ungkapan kekaguman yang tiada henti. Mereka seolah terhipnotis oleh kecantikan dan keanggunaan sang ratu. 


Tetapi selain memiliki paras yang cantik, Ratu Balqis dikenal sangat tangguh dan tidak memiliki sifat manja sebagaimana layaknya perempuan cantik model sekarang. Saba yang dipimpinnya adalah sebua kerajaan yang sangat luar biasa. Untuk mengatur pemerintahan tersebut tentu dibutuhkan sosok yang tegas dan berwibawa, dan Ratu Balqis dapat melakukan semua hal tersebut. Di bawah kekuasaannya, Saba menjadi salah satu kerajaan paling kuat dan makmur pada masanya. 

Selain itu, sifatnya pun tidak pernah otoriter dan mau menang sendiri. Ketika mendapatkan surat dari Nabi Sulaimen A.S, Ratu Balqis tidak mengambil keputusan sendiri melainkan bermusyawarah dengan para petinggi kerajaan. Ada yang memutuskan untuk berperang mengingat kerajaan Saba sangat terkenal dengan bala tentaranya, tapi sang ratu lebih memilih untuk menjalin persahabatan dan malah mengirim hadiah. Hal ini pula yang menjadi bukti bahwa Ratu Balqis adalah juga seorang yang bijaksana. 

Ratu Balqis


Pada waktu sang ratu masuk ke dalam istana Nabi Sulaiman, pada saat itu dirinya mengangkat tinggi gaun yang dikenakannya lantaran melihat ada genangan air di dalam istananya yang ternyata adalah lantai marmer yang sangat bening. Setelah mengetahui bahwa itu adalah lantai marmer dan bukan genangan air, sang ratu segera bersimpuh di hadapan Nabi Sulaimen dan mengatakan kalau ia adalah seorang yang lemah dan tak punya daya. Beliau juga kemudian mengakui jika Nabi Sulaimen adalah sosok yang luar biasa. 

Itulah Ratu Balqis yang selain berparas cantik tapi juga memiliki sifat dan karakter yang bijaksana dan rendah hati.