Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Awas, lampu ini bisa mendengar obrolan anda

Setelah membaca tulisan ini , anda mungkin akan berpikir dua kali untuk bersandat di tiang lampu ketika sedang ngobrol membicarakan masalah pribadi, karena ternyata lampu - lampu ini akan mendengarkan cerita anda dan kemudian mengetweetnya melalui media sosial Twitter. 


Lampu ini baru diperkenalkan di pameran seni di Manhattan, namun sebagai ujicoba, lampu ini telah dipasang di beberapa bagian kota yang dirahasiakan. Lampu yang diberi nama Conversnitch, juga memiliki akun Twitter, yang sudah aktif selama beberapa bulan.

Lampu ini mampu menangkap percakapan tentang topik-topik seperti gagal interview, ketegangan hubungan, hingga masalah di tempat kerja.

Gagasan pembuatan lampu ini datang sebelum Snowden mengumunkan bahwa, Amerika menyadap sebagian besar warganya. Dan ide di balik pembuatan lampu ini adalah  Kyle McDonald dan Brian House, yang ingin mengetahui isu-su yang berkembang di masyarakat.

Teknologi di balik lampu jalan ini adalah komputer mini yaitu Raspberri Pi, mikrofon, LED, dan pot bunga. Serta mampu memancarkan Wi-Fi dan terhubung dengan jaringan yang terdekat dengan lampu ini.

Jika Anda mempunyai masalah pribadi, jangan lupa untuk tidak membicarakannya, jika tidakingin percakapan Anda direkam dan dikirim ke Twitter.