Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips mencegah panas berlebihan pada laptop / notebook

Salah satu kendala yang dihadapi oleh pengguna laptop, notebook mapun netbook adalah perangkat yang cepat panas, apalagi jika digunakan untuk tujuan editing grafis atau video dan juga bermain game. 
Tidak jarang laptop akan langsung mati begitu kita sedang asiknya bermain game tersebut, hal itu terjadi lantaran terjadinya over heating pada prosessor yang disebabkan adanya gangguan seperti kipas yang kotor oleh debu atau memang karena hardwarenya yang cepat panas. 

Dan untuk mengatasinya kita cukup membongkar laptop dan membersihkan fan / kipas prosessor dari dalam, tetapi itu hanya bisa dilakukan jika kita memiliki kemampuan atau keahlian dalam masalah hardware lalu, lalu bagaimana jika kita belum pernah atau tidak terbiasa membongkar laptop / notebook karena takut rusak atau apalah. Beriku tips singkat mencegah panas berlebihan pada laptop atau notebook anda dengan cara yang sederhana namun efektif. 

1. Pilih menu Menu - Power Option dari klik kanan pada icon batere di taskbar. 





2. Pada Jendela Power Option pilih Balance lalu klik Change plan settings










3.Pada jendela berikutnya cari pilihan Processor Power Management lalu klik pada Maximum processor state dan rubah nilai yang sudah ada ( 100 % ) menjadi ke ( 75 / 95 ) lalu klik Aply dan OK.
 
 


Dengan cara diatas kita akan mengatur kinerja prosesor menjadi lebih efisien, jangan takut performa atau kecepatan prosesor akan berkurang, karena untuk ukuran prosesor kelas Pentium 4 ke atas, pengurangan 10 - 25 % tidak begitu banyak mengganggu. 

Setelah melakukan perubahan ini, notebook yang biasanya sering mengalami panas setelah beberapa menit digunakan akan menjadi lebih adem dan kita bisa dengan tenang melakukan pekerjaan kita termasuk mengedit gambar atau video ataupun bermain game tanpa khawatir lagi notebook / laptop akan mendadak mati. 

Namun jika hal tersebtu masih berlanjut, maka kemungkinan bahwa kipas / fan didalamnya sudah sangat kotor dan dalam hal ini wajib dibersihkan karena jika dibiarkan kondisi tersebut bisa merusak hadware secara keseluruhan. 

Cara lain yang juga bisa membantu mengurangi panas notebook :


  1. Menggunakan Coolingpad khusus notebook yang sekarang banyak dijual di toko toko komputer dengan model dan harga bervariasi, paling murah adalah 30 ribuan dan paling mahal 150ribu dengan bentuk seperti meja laptop. 
  2. Mencabut batere jika tidak digunakan / jika menggunakan arus listrik. selain bisa membuat hemat dan awet batere, mencabut batere juga mengurangi kinerja prosesor yang akan sibuk mencatat dan mendeteksi power level dari batere. 


Semoga bermanfaa.