Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta menarik tentang Parrots dari seluruh dunia



Kumpulan fakta menarik tentang paruh bengkok dari seluruh dunia
  1. Burung paruh bengkok paling langka di dunia adalah burung Spix Macaw, kemungkinan burung ini sudah punah dihabitatnya meskipun ada beberapa yang bisa bertahan hidup di penangkaran. penampakan terakhir spix macaw dialam liar adalah pada tahun 2000.
  2. Anda mungkin tidak percaya , tetapi faktanya burung Lovebird ternyata juga memiliki naluri untuk selingkuh dari pasangannya dan seperti manusia lovebird pun bisa bercerai dan mengawini selingkuhannya.
  3. Burung paruh bengkok satu satunya yang asli amerika serikat adalah Carolina Parakeet Carolina Conure, dan pada tahun 1939 spesis ini dinyatakan SUDAH PUNAH!.
  4. Burung Paruh bengkok ( MACAW ) yang paling tertua didunia adalah Macaw yg bernama Charlie dan dipelihara oleh Winston Churchill, bayan ini berumur 108 tahun dan sering ngoceh mengenai ANTI-NAZI!.
  5. Selain charlie burung paruh bengkok yang dipelihara winston churchill adalah African Gray Parrot dan parkit.
  6. Paruh bengkok yang paling terkenal di dunia adalah Alex seekor kakatua afrika (Affrican Gray Parrot), Pada th 1977, Dr Irene Pepperberg membeli Alex dari toko hewan peliharaan dengan tujuan agar bisa dilatih bicara. Setelah lebih dari 30 tahun persahabatan dua makhluk berbeda ini akhirnya mampu membuat alex bisa mengembangkan kemampuan kognitif yang menakjubkan dan memiliki lebih dari 100 kosa kata yang dimilikinya dan bahkan bisa mengenali berbagai macam jenis benda dan warna. Alex si kakatua yang pintar ini mati pada tahun 2007 dan kini menjadi nama sebuah yayasan pengembangan paruh bengkok Alex Foundation.
  7. Sedangkan burung  paruh bengkok yang paling populer adalah A.J ( indian-ringnecked Parakeet) seekor nuri leher berkalung india , A.J ini telah tampil lebih dari 20 kali di Televisi dan menampikan lebih dari 20 trik yang menakjubkan, mampu berbicara dengan lebih dari 30 kosa kata dan sering muncul untuk menghibur di Rumah Sakit Anak anak dan sekolah sekolah.
  8. Burung Paruh bengkok terbesar didunia adalah Hyacinth Macaw
  9. Kakatua Maluku (moluccan cockatoo) memiliki paruh yang kuat dan bisa menggigit dengan tekanan seberat 500 kg.
  10. Burung paruh bengkok  bisa melihat cahaya ultra violet yang tidak terlihat oleh mata manusia.
  11. Buff Faced Pygmy Parrot adalah burung paruh bengkok terkecil didunia.
  12. Selama bertahun tahun burung Nuri dan parkit digunakan dalam setiap parade di india, mereka juga bagian dari budaya suku aztec indian.
  13. Burung Nuri bisa bercahaya dalam gelap!, meskipun semua jenis burung memiliki pigmen bulu yang menghasilkan warna pada bulu bulu mereka, akan tetapi hanya Nuri yang memiliki pigmen kuning khusus yang bersinar dibawah cahaya ultra violet, hingga sekarang belum diketahui apa kegunaannya.
  14. Amazon Puerto Rico adalah satu satunya spesis nuri yang mendiami wilayah Amerika serikat, inilah salah satu dari 10 burung paling langka didunia.
  15. Nuri Alexandrine atau Nuri Alexandria  begitulah ia diberi nama setelah Alexander Agung membawanya dari India pada awal 300 Sebelum masehi, Burung Nuri lainnya juga diberi nama orang orang terkenal sepertiReggent Parrot,Queen of Bavaria Conure, Princess parrot, king Parrot, Imperial Amazon, Duchess Lorikeet danCardinal Lory.
  16. Pada masa perang dunia ke II , burung paruh bengkok sering digunakan untuk memperingatkan tentara dari pesawat musuh yang masuk.
  17. Burung Nuri terberat di dunia adalah KAKAPO atau sering juga disebut dengan NURI MALAM atau BAYAN OWL.
  18. Ground ParrotNight ParrotKakapo dan Parkit dari kepulauan Antipodes adalah burung paruh bengkok yang bersarang di tanah.
  19. Bangsa Romawi sering membawa pulang burung nuri dari india sekitar 2300 tahun yang lalu untuk dijual kepada orang orang kaya yang memang sangat tertarik untuk membelinya bahkan sekalian membeli budak untuk merawatnya.
  20. Banyak yang beranggapan bahwa parkit bukan burung paruh bengkok yang bisa bicara dikarenakan ukurannya yang kecil, akan tetapi seekor parkit bernama Puck resmi dikenal sebagai burung parkit yang paling banyak kosa katanya hingga lebih dari 1700 kata. bahkan burung ini tercatat dalam Guinnes Book of Record tahun 1995.
  21. Salah satu burung paruh bengkok yang menjadi penghibur besar untuk bangsa Roma adalah Burung Nuri afrika (African Gray Parrot )
  22. Ratu Isabella dari Spanyol menerima hadiah berupa burung Nuri dari Christopher Columbus, Nuri ini dibawa dari benua america, benua yang baru saja ditemukannya.
  23. Nuri adalah spesis burung yang bisa menggunakan “kaki“nya sebagai “tangan“nya yang digunakan membawa makanan ke mulutnya.
  24. Parkit adalah salah satu jenis paruh bengkok yang paling mudah dijinakan.
  25. Lidah burung paruh bengkok sangat sensitif dan unik, mereka memiliki tulang yang membuat lidahnya fleksibel dan mampu memanipulasi objek seperti yang kita lakukan dengan jari jari kita.
  26. Macaw dibawa para penjelajah dari benua amerika ke benua eropa pada tahun 1500-an
  27. Satu satunya jenis burung paruh bengkok yang aktif pada malam hari adalah kakapo yang juga dikenal dengan sebutan Nuri Malam atau Bayan OWL.
  28. Makanan utama burung Lorie dan Lorikeets adalah Nektar, Serbuk sari dan buah-buahan yang lunak, mereka memiliki lidah yang berujung seperti sikat yang dikhususkan dengan makanan tersebut.
  29. Meskipun nggak ada hubungan dengan kelelawar tapi kebanyakan burung paruh bengkok tidur dengan terbalik ( menggantung)
  30. Indigo Winged parrot yang juga dikenal dengan burung Nuri Fuertes sudah dianggap punah selama 91 tahun, tapi dua warga kolumbia baru baru ini berhasil mengambil 14 gambar dan menkonfirmasi keberadaan spesis ini di pusat kota Kolumbia!
  31. Cockatiel memang lebih mirip kakatua, mereka termasuk kerabat dari psittasciformes (Nuri), Familly cacatuidae(Kakatua) dan sub familly dari Nympicinae (Cockatiels). spesis ini merupakan satu satunya spesis tanpa subspesis.
  32. Kebanyakan meskipun tidak semua, burung paruh bengkok tidur / istirahat dengan satu kaki diangkat.
  33. Burung Nuri terkadang akan muntah dihadapan atau ke pemiliknya, ini adalah sebuah sifat alami yang mengekspresikan kasih sayang mereka dengan cara demikian.
  34. Nggak ada bukti terkait kalau para bajak laut itu pasti memiliki atau menggemari burung kakatua / nuri. kemungkinan besar sih cuma untuk hiburan mereka saja ditengah lautan.
  35. Burung paruh bengkok dan manusia ternyata memiliki keterkaitan hubungan dengan kultur dan budaya diseluruh benua sejak 3000 tahun yang lalu.
  36. Beberapa spesis paruh bengkok seperti ConuresAmazon dan Macaw akan memakan tanah liat dari daerah bertebing di amerika selatan, hal ini dilakukan mungkina karena tanah liat memiliki kandungan yang kaya akan mineral, hmmm bisa diaplikasikan ke Lovebird tuh om :)
  37. Macaw Hyacinth kadang kadang akan memakan kacang kacangan yang telah dicerna (ampas atau kotorannya) oleh binatang ternak.
  38. Budgerigars (Budgies) adalah Parkit, tapi tidak semua Parkit adalah Budgerigars.. camkan itu
  39. Burung Nuri kebanyakan hidup di hutan hujan dan padang tropis ataupun subtropis, banyak juga yang tinggal di daerah perbukitan, padang pasitm mediterania, daerah beriklim sedang dan bahkan ada satu spesis yang hidup di wilayah sub-Antartika (Antipodes Island Parakeet). spesis ini meruapakan pemakan daging, spesis ini adalah burung paruh bengkok yang paling buas dan merupakan predator.
  40. Sedangkan untuk burung paruh bengkok predator terbesar adalah Kea dari Selandia baru, burung ini hidup didataran tinggi di bukit bukit bersalju dan dingin.
  41. Bahkan Afghanistan juga memiliki burung paruh bengkok yaitu Scaly headed Parakeet dari wilayah timur afganistan.
  42. Kakapo atau Nuri Malam atau Bayan Owl adalah satu satunya burung paruh bengkok yang tidak bisa terbang.
  43. Paruh burung Nuri digunakan untuk memecah kacang kacangan dan kenari sedangkan paruh parkit hanya untuk memecah biji bijian.
  44. Ada 352 spesis burung nuri yang dikenal dengan subspesis berjumlah 582.
  45. Ada 23 spesis dari burung paruh bengkok yang sudah punah.