Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Zodia si pengusir nyamuk

Zodia (Evodia suaveolens) termasuk tanaman dari keluarga Rutaceae (jeruk-jerukan). Tanaman ini termasuk tanaman endemik Indonesia yang berasal dari Papua. Di daerah asalnya di Papua, tanaman ini kerap dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir serangga dan nyamuk dengan cara mengusapkan daun zodia ini keseluruh tubuh.




Kini tanaman zodia ini sudah banyak menyebar di beberapa daerah di Indonesia dengan semakin banyaknya orang yang menanam tumbuhan ini dalam pot dirumah mereka. Aroma yang muncul dari tanaman ini terutama ketika daun-daunnya bergesekan tertiup angin memang mampu mengusir nyamuk, karena itulah oleh kalangan penjual tanaman hias, tanaman ini sering disebut sebagai Pohon Nyamuk.

Zodia merupakan tanaman perdu dari suku jeruk-jerukan (Rutaceae) yang mempunyai tinggi berkisar antara 50-200 cm dengan rata-rata tinggi sekitar 75 cm. Daunnya berbentuk pipih memanjang agak lentur dengan warna kuning kehijau-hijauan. Panjang daunnya berkisar antara 2—30 cm.


Bunga Zodia (Evodia suaveolens)
Zodia (Evodia suaveolens) merupakan tumbuhan yang berasal dari pulau Papua. Tapi kini mulai dibudidayakan diberbagai tempat termasuk di Jawa. Tanaman ini mampu hidup pada ketinggian antara 400-1.000 meter dpl.

Pada umumnya tanaman ini dutanam di dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan (indoor plant). Namun Zodia dapat juga ditanam di luar ruangan seperti di halaman rumah. Pohon zodia jika dibiarkan tumbuh dengan bebas mampu mencapai ketinggian sekitar 2 meter.

Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balitro), minyak yang disuling dari daun tanaman zodia ini mengandung linalool (46%)dan a-pinene (13,26%). Linalool sendiri dikenal sebagai pengusir nyamuk.

Kemampuan menghalau nyamuk dan serangga dari tanaman ini bahkan bisa mencapai enam jam dengan daya halau lebih dari 70%. Selain sebagai pengusir nyamuk, lengan yang bentol atau gatal akibat digigit nyamuk atau serangga, bisa sembuh dengan digosok menggunakan daun zodia ini.

Bagaimana, tertarik untuk menanamnya dirumah anda ?