Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Parah!, Game Angry Birds pun disadap NSA

Bagi anda yang sering bermain games Angry Birds kini ada kabar mengejutkan yang berhubungan dengan game populer tersebut. Kabarnya, NSA atau Badan Intelijen Amerika Serikat telah menyadap aplikasi game anak-anak yang populer di seluruh dunia tersebut.



Kabar tersebut diungkapkan oleh seoran mantan karyawan NSA, Edward Snowden. Ia mengungkapkan bahwa proyek penyadapan tersebut diberi kode nama "Emas Batangan". Bahkan penyadapan tersebut sudah dilakukan oleh NSA dan juga Badan Intelijen Inggris (GCHQ) sejak tahun 2007 silam yang mencakup pembuatan akses untuk mendapatkan informasi dari pengguna aplikasi smartphone dan tablet di seluruh dunia. Jadi dalam kasus penyadapan ini telah dilakukan oleh dua badan intelijen di dua negara yaitu NSA dan GCHQ.

Permainan Angry Birds sejak pertama dirilis , sudah diunduh oleh lebih dari 1,7 miliar orang di seluruh dunia dan dari game Angry Birds inilah, NSA dan GCHQ berhasil melakukan pemetaan yang bisa menunjukan lokasi, data pribada maupun kontak telepon dari smartphone atau tablet.

Menanggapi masalah penyadapan ini, pihak pengembang game populer Angry Birds yaitu Rovio mengaku tidak tahu menahu dengan masalah penyadapan yang dilakukan oleh NSA. "Rovio tidak tahu menahu dengan masalah ini dan tidak memiliki hubungan dengan organisasi itu (NSA)," ungkap Saara Bergstrom yang menjabat VP of marketing and communications dari Rovio.

Sedangkan pihak GCHQ hingga saat ini masih menolak memberikan komentaranya meski kabar tersebut telah menimbulkan banyak reaksi negatis dari publik Inggris dan dunia. Namun mereka menegaskan bahwa kegiatan yang mereka lakukan tersebut bersifat penting dan sudah sesuai dengan prosedur.

Hmm.. gak ada kapok-kapoknya ya NSA ini.