Pengertian Virus, Worm Dan Trojan Serta Cara Mengatasinya

Pengertian Virus, Worm Dan Trojan Serta Cara Mengatasinya -
Virus adalah program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. tentu kita sangat terganggu saat komputer atau bahkan data data kerja kita terserang atau bahkan rusak karena virus. . Penyebaran virus biasanya melalui media luar seperti flasdisk, tapi di jaman ini virus pada umumnya memanfaatkan teknologi internet untuk menyebar luas. Cara masuknya bisa melalui E-mail (attachment), mirc, messenger (kirim/download file), download dari situs  atau bahkan memanfaatkan kelemahan dari sistem browser kita. Banyak cara pembuat virus untuk menjebak orang supaya tertarik untuk men-download dan membuka file yang ber-virus, antara lain dengan gambar lucu, tools yang berguna buat anda, cara dapat uang, games bagus, hingga yang baru-baru ada pesan dr FBI/CIA untuk anda. Saat komputer terjangkit virus, antivirus tentu menjadi jawaban yang paling tepat untuk menghilangkannya. Namun, tahukah Anda bahwa virus komputer juga bisa dilenyapkan tanpa menggunakan antivirus? Trik membersihkan virus tanpa antivirus ini bertujuan membasmi virus-virus baru dan virus lokal yang kebanyakan tidak dapat dideteksi oleh antivirus. Sebelum membahas cara membasmi virus kita atkan memabahas tentang virus, worm, dan trojan.

Perbedaan Virus, Worm Dan Trojan

Virus sebenarnya lain dengan trojan atau worm, tapi penyebarannya virus banyak di maanfaatkan oleh program worm dan trojan. Trojan adalah sebuah program yang dapat dijalankan (biasanya ber-ekstension EXE) oleh pengguna komputer dan ketika program tersebut dijalankan, dia akan merubah sesuatu dari sistem komputer kita (pada umumnya registri windows yang diubah). Nah kalau virus itu residen di memori dan dia akan merubah file yang biasanya ber-ekstension EXE atau COM dan kadang-kadang file tersebut menjadi rusak. Kalau worm (cacing) merupakan program kecil yang berupa script yang bisa nempel di mana aja, bahkan bisa nempel di html file (file website).

Cara Kerja Virus

Program antivirus pada umumnya menggabungkan semua worm dan trojan dalam kategori VIRUS, cuma mungkin dikasih kode virusnya contoh yang worm di kasih kode W depannya baru nama worm tersebut (contoh: w32/sober) dan kita juga akan menggangapnya sama karena semua itu merusak sistem file komputer. Intinya virus bisa berupa atau berfungsi seperti trojan/worm dan sebaliknya juga, apalagi kalau file tersebut telah ter-infeksi, otomatis akan menjadi file trojan/worm juga, karena kalau pengguna membukanya akan meng-infeksi file-file lainnya.

Cara Mengatasi Virus Komputer

  1. Buka MS config di kotak run windows.
  2. Klik tab start up. Di startup windows akan terlihat file yang dapat membangkitkan virus copy shorcut ini tetap eksis dan tidak dapat dihapus.
  3. Coba anda hilangkan centang file virus tersebut dan klik apply maka centang tadi tidak hilang dan tetap tercentang. Virus tidak dapat anda hentikan.
  4. Silahkan anda catat di kertas lokasi virus tersebut. Pengalaman penulis pembangkit virus copy shorcut berada di C: \Users \ User \AppData \Roaming \Microsoft \Windows \StartMenu\Programs\StartUp\file pembangkit virus.exe
  5. Menghapus virus dengan cmd pada windows normal tidak akan berhasil karena ketika kita menghapus file virus di flasdisk dengan cmd sekalipun virus akan tetap muncul karena pembangkit virus di lokasi sistem akan memberi command untuk membuat virus itu lagi. Cara yang paling ampuh dan efektif adalah dengan mode safe mode with command prompt(cmd).
  6. Silahkan anda restart computer anda dan masuk ke safe mode with command prompt dengan menekan F8. Highlight atau pilih windows dengan mode safe mode with command pormpt.
  7. Setelah anda berada di safe mode with command prompt silahkan anda copy paste atau ketikkan file yang membuat virus copy shortcut selalu dapat mengaktifkan dirinya di lokasi tadi yang sudah anda catat atau di copas (C: \Users\ User \ AppData \ Roaming \ Microsoft \ Windows \ StartMenu \ Programs\ StartUp\file pembangkit virus.exe).
  8. Hapus virus tersebut dengan perintah del nama virus.exe (catatan : anda harus masuk ke dalam folder tersebut sampai anda dibawa ke lokasi file tersebut baru anda dapat menghapus file virus tersebut.).
  9. Setelah anda menghapus file pembangkit virus copy shortcut tersebut kini saatnya anda menghapus virus copy shortcut tersebut. Sebelumnya gunakan perintah attrib –r –s –h /s /d untuk memunculkan virus-virus yang mungkin masih tersembunyi selanjutnya silahkan anda gunakan perintah del nama virus shorcut 1, 2, 3, dan 4. Kemudian dilanjutkan menghapus folder Recycler dengan menggunakan perintah RD Recycler /s tekan enter atau juga bisa dengan RMDIR Recycler /s.
  10. Untuk mengantisipasi silahkan hapus juga file autorun.inf kalau ada. Selesai anda membersihkan virus dengan sempurna. Silahkan restart komputer anda ke windows mode normal.

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

 






Masukan Alamat Email Anda Untuk Berlangganan Artikel Gratis:

Setelah Memasukan Email, Cek Email Anda Untuk Melakukan Konfirmasi by FeedBurner